Jenis Tinta Printer

JENIS-JENIS TINTA PRINTER

Tinta Printer Pigment (Durabrite)

Tinta dengan kualitas tinggi yang mampu mencetak dokumen dalam bentuk tulisan/gambar dengan hasil yang sangat tajam, pekat, dan tahan air di semua jenis kertas seperti hvs, injet paper ataupun photo paper. Tinta pigment (durabrite) memiliki jenis – jenis lain diantaranya:
  • Tinta Printer Pigment Art Paper Ink

Merupakan jenis tinta yang cocok untuk di gunakan di percetakan skala kecil ataupun besar dengan menggunakan kertas art paper ivory dengan quantity kecil untuk gambar full color.

  • Tinta Printer Pigment Art korea ink

Tinta anti pudar dan luntur walau terkena sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama. Tinta ini cocok digunakan untuk usaha Photo membutuhkan kualitas bagus serta tahan lama walau diletakkan di lokasi outdoor / Indoor. Selain itu, biasanya dapat diaplikasikan pada jenis kertas art paper, photo paper, sticker photo paper, kertas PVS dll. Dan hasil cetak menggunakan art paper korea lebih halus dan tajam.

  • Tinta Printer Pigment Art Paper China

Tinta ini sama persis dengan tinta pigment Art paper China, hanyasaja yang membedakan hasil cetaknya. Untuk hasil cetak Art PaperChina lebih natural warna tidak pudar walaupun terkena sinar matahari dan bisa tahan lama.

Tinta Printer Dye Base

Tinta yang terbuat dari bahan air dan colourant, sehingga kemungkinan mengendap atau buntu pada “Printhead Cartidge” semakin kecil. Tinta dye base biasa di gunakan untuk kertas HVS, glossy paper, inkjet paper, canvas, PVC id card, dsb. Namun tinta ini tidak bias di gunakan untuk cetak art paper (kertas brosur dan kalender). Tinta ini juga mudah luntur dan warna nya gampang pudar jika terpapar panas/cahaya matahari dan juga waktu pengeringan tinta pada media cetak lebih lama.

Tinta Sublimation Ink

Tinta printer yang sering digunakan untuk printer infus, atau bisa disebut dengan tinta yang umum digunakan untuk mencetak bahan sablonan seperti (kaos, pin, mug, topi) karena tinta sublim ini lebih tahan terhadap air dan degradasi warna yang lebih kuat.  Tinta ini juga lebih ekonomis dan efisien serta hasil sablon bisa distrika secara langsung. Dengan metode transfer yang digunakan adalah cetak ke kertas HVS atau inkjet paper lalu di heat press ke (kaos, pin, mug, topi).  Namun disini yang menjadi kekurangan adalah resiko Printhead tersumbat lebih besar.

Tinta Printer Eco Solvent

Jenis tinta eco solvent memiliki kualitas yang mirip dengan solvent, namun tinta eco solvent tidak begitu bertahan terhadap sinar matahari sehingga hanya cocok di gunakan untuk indoor. Tinta ini memiliki bau yang tidak terlalu menyengat di bandingkan dengan tinta solvent.

Tinta Printer Sublimation Ink

Jika Anda sering membuat baju, kaos, atau keramik, passtinya Anda mengenal jenis tinta yang digunakan. Tinta Sublimation merupakan tinta printer yang sering digunakan untuk printer infus. Selain itu, tinta ini juga digunakan untuk mencetak baju atau kaos, keramik, bahan-bahan sablon, mud dan jenis lainnya. Tinta ini dibuat dari bahan diluent, pewarna, minyak dan bahan lainnya sehingga sangat tahan lama.


Tinta Printer Pigment Art Paper Ink

Jenis tinta Pingment Art merupakan tinta yang digunakan untuk mencetak kertas at papet ivory yang memiliki gambar full colour. Tinta ini bisa digunakan untuk mencetak dalam skala besar maupun kecil. Tinta pigment ini juga bisa digunakan untuk mencetak di atas kertas art paper / ivory dengan menggunakan printer Epson desktop biasa seperti : Epson R230, Epson T11, Epson T20, Epson C90, Epson C79, Epson T1100, Epson 1390, Epson 1290.


Pengertian dan perbedaan tinta CMYK & RGB

RGB adalah singkatan dari Red - Blue - Green adalah model warna pencahayaan (additive color mode) dipakai untuk "input devices" seperti scanner maupun "output devices" seperti display monitor, warna-warna primernya (Red, Blue, Green) tergantung pada teknologi alat yang dipakai seperti CCD atau PMT pada scanner atau digital camera, CRT atau LCD pada display monitor. 
CMYK adalah singkatan dari Cyan-Magenta-Yellow-blacK dan biasanya juga sering disebut sebagai warna proses atau empat warna. CMYK adalah sebuah model warna berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya (substractive color model) dan yang umum dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Jadi untuk mereproduksi gambar sehingga dapat dicapai hasil yang (relative) sempurna dibutuhkan sedikitnya 4 Tinta yaitu: Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Keempat tinta tersebut disebut Tinta / Warna Proses. Tinta Proses adalah tinta yang dipergunakan untuk mereproduksi warna dengan proses teknik cetak tertentu, seperti offset lithography, rotogravure, letterpress atau sablon. Berbeda dengan Tinta yang hanya digunakan satu lapisan (single layer), karena tinta yang digunakan dapat ditumpuk-tumpuk, maka sifat tinta proses harus memenuhi standard tertentu, seperti spesifikasi warna (dalam model warna CIELab) dan nilai Opacity/Transparency.

Perbedaan tinta CMYK & RGB

RGB CMYK
Redd, Green, Blue (merah, hijau, biru) Cyan, Magenta, Yellow, Black (orang awam bilang biru, merah, kuning, hitam)
RGB merupakan warna – warna primer yang di gunakan pada monitor CMYK merupakan warna – warna printer yang paling banyak di gunakan pada printer
RGB lebih di gunakan untuk desain yang nantinya di tampilkan ke media layar monitor CMYK lebih di gunakan untuk desain yang nantinya di tampilkan ke media cetak
Jika warna RGB di campur semua, akan menghasilkan warna putih Jika warna CMY di campur demua, akan menghasilkam warna hitam



Postingan populer dari blog ini